Jumat, 31 Mei 2013

COVER LETTER and RESUME AND DETAILED INFORMATIONS ABOUT YOURSELF

Nama : vivi julianti kelas : 3eb23 npm : 29210093 tugas softkill b.inggris 3 COVER LETTER Jakarta, 20 Mei 2013 Designation; the human resources department PT. Unilever Building Lt.1 Jl. Asia afrika cikarang Bekasi Dear Sirs, I was a student majoring in Computer Engineering at the University Gunadarma Kalimalang have passed, and will graduate to receive a Bachelor of Information Engineering in juni 2013. I am currently looking for a job in a field related to my discipline ie Database / Programming with dreamwiver for large-scale enterprise. During college I was also active as a Computer Lab Assistant as well as a course in the field of Database / Programming with dreamwiver to increase skills in the IT field that I have. I believe the educational background, knowledge and skills, will be able to provide a significant contribution to your company. Here I attach a curriculum vitae that contains details of the experience and courses I've ever played. I really hope with the qualifications and skills that I have will get the attention of a good father, and I am ready to follow the test and interview if given the opportunity. For the attention and support that gave Mr. I thank you. Yours sincerely, vivi julianti RESUME AND DETAILED INFORMATIONS ABOUT YOURSELF Personal Data Name: viv julianti Gender: Female Place, Date of Birth: july 28, 1992 Nationality: Indonesian Status: Not Married Height / Weight: 165 cm / 58 Religion: Islam Address: Jl. Mawar blok p.4 No.11 Mobile: 089992927226 E-mail: vhievhiecute92@yahoo. com Education 1998-2004: Primary School 2004-2007: Secondary School 2007-2010: High School 2010-2014: Higher Education (Lecture) Course & Training 2005: Computers (3 months) 2010: English (9 months) qualification computer Internet English accounting Work Experience August 2011 - Present: Intern PT. eppson Accounting Manager Prepare a budget store Saving cash Set employee salaries Calculate the change in the company's assets

Rabu, 01 Mei 2013

NAMA : VIVI JULIANTY NPM : 29210093 KELAS : 3EB23 TUGAS SOFTSKIIL “LETTER OF INQUIRY” Definisi Inquiry letter adalah surat permohonan informasi tentang suatu produk, jasa, lowongan pekerjaan atau informasi bisnis lainnya. Inquiry letter disebut juga dengan letter of interest. Inquiry letter biasanya ditulis sebagai suatu respon (tanggapan) atas suatu iklan di surat kabar dan majalah atau iklan di media elektronik tentang suatu produk/jasa bahwa kita tertarik dengan produk/jasa yang ditawarkan. Selain itu, bisa juga berupa informasi tentang perkembangan suatu bisnis. Bagian-bagian Inquiry Letter Berikut ini akan dijelaskan beberapa bagian-bagian dalam suatu inquiry letter beserta ekspresi-ekspresi yang umum digunakan. 1. Kepala surat (header) Cantumkan alamat Anda dan alamat perusahaan yang Anda tuju. Contoh: vivi julanti Jalan merpati ,no. 17 Bekasi, Jawa Barat 16370 Rajawali jaya persada Jalan nusantara. No.20 Bekasi, Jawa Barat 16143 Jika pengirim surat merupakan bagian dari suatu instansi/perusahaan, pada bagian kepala surat bisa juga menggunakan kop surat dari perusahaan/instansi tempat Anda bekerja dan cukup menuliskan alamat perusahaan yang dituju. 2. Tanggal surat (date) Penulisan tanggal yang lazim digunakan adalah sebagai berikut: July 10, 2013 3. Pembuka (openning) Pembuka selalu diawali dengan salam. Jika Anda mengetahui siapa yang akan menerima surat tersebut, ekspresi yang digunakan adalah: Dear Sir atau Dear Madam Tetapi jika ingin terlihat lebih formal atau jika Anda tidak mengetahui siapa penerima surat tersebut, maka ekspresi yang lazim digunakan adalah: To Whom It May Concern 4. Referensi (reference) Paragraf pertama selalu diawali dengan referensi yang Anda temui tentang perusahaan yang dituju. Referensi tersebut bisa berupa iklan di media cetak dan elektronik atau informasi bisnis lain yang Anda dapatkan dari kolega bisnis yang bekerja di perusahaan tersebut. Ekspresi yang umum digunakan adalah sebagai berikut: With reference to your advertisement (ad) in ... Atau Regarding your advertisement (ad) in ... 5. Permohonan informasi Setelah menuliskan referensi, Anda dapat melanjutkan dengan menuliskan permohonan informasi yang ingin Anda dapatkan. Ekspresi yang umum digunakan adalah sebagai berikut: Would you please send me ... Atau Could you please send me ... Jika ada informasi lain yang ingin Anda ketahui, Anda dapat menuliskannya dengan ekspresi berikut ini: I would also like to know ... Atau Could you tell me whether ... 6. Penutup dan tanda tangan (signature) Ekspresi yang umum digunakan pada bagian penutup adalah: Sincerely Atau ekspresi formal yang juga lazim digunakan adalah: Yours faithfully Setelah menuliskan penutup, cantumkan nama serta jabatan (jika Anda merupakan seorang staf pada suatu perusahaan). Contoh Inquiry Letter Berikut ini penulis berikan contoh inquiry letter permohonan informasi tentang suatu produk. Vivi Julianti Bekasi, West Java 16370 Rajawali jaya persada Jalan nusantara. No.20 Bekasi, Jawa Barat 16143 Juy10, 2012 To Whom It May Concern: With reference to your advertisement in bekasi News on Saturday, juli 10, 2012, could you please send me a copy of your latest catalog. I would also like to know whether possible to have online transaction to order the product. Yours faithfully (Signature) vivi julianti Office Referensi: • Alison Doyle. 2012. How To Write a Letter of Interest dalam http://jobsearch.about.com/od/morejobletters/qt/write-letter-of-interest.htm diunduh pada 09 Oktober 2012 jam 23:00 • Mel Luthy. 2012. Request Samples or Information About Products or Services dalam http://www.writeexpress.com/reques01.html diunduh pada 09 Oktober 2012 jam 23:00 • English Bell Online. 2008. Letter of Inquiry dalam http://www.english-bell.com.tw/doc/business/letter-of-inquiry-3.pdf diunduh pada 11 Oktober 2012 jam 16: 50 .

Rabu, 03 April 2013

PROMOTION

Nama : vivi julianti Kelas : 3eb23 npm : 29210093 tugas softkill b.inggris 1 PROMOTION 1. What Is Promotion ? Promotion is one of the market mix elements, and a term used frequently in marketing. The specification of five promotional mix or promotional plan. These elements are personal selling, advertising, sales pr omotion, direct marketing, and publicity. A promotional mix specifies how much attention to pay to each of the five subcategories, and how much money to budget for each. A promotional plan can have a wide range of objectives, including: sales increases, new product acceptance, creation of brand equity, positioning, competitive retaliations, or creation of a corporate image. Fundamentally, however there are three basic objectives of promotion. These are: To present information to consumers as well as others. To increase demand. To differentiate a product. There are different ways to promote a product in different areas of media. Promoters use internet advertisement, special events, endorsements, and newspapers to advertise their product. Many times with the purchase of a product there is an incentive like discounts, free items, or a contest. This is to increase the sales of a given product. The term "promotion" is usually an "in" expression used internally by the marketing company, but not normally to the public or the market - phrases like "special offer" are more common. An example of a fully integrated, long-term, large-scale promotion are My Coke Rewards and Pepsi Stuff. The UK version of My Coke Rewards is Coke Zone. 2. What Is Sales Promotion ? Sales promotion is one of the seven aspects of the promotional mix. (The other six parts of the promotional mix are advertising, personal selling, direct marketing, publicity/public relations, corporate image and exhibitions.) Media and non-media marketing communication are employed for a pre-determined, limited time to increase consumer demand, stimulate market demand or improve product availability. Examples include contests, coupons, freebies, loss leaders, point of purchase displays, premiums, prizes, product samples, and rebates Sales promotions can be directed at either the customer, sales staff, or distribution channel members (such as retailers). Sales promotions targeted at the consumer are called consumer sales promotions. Sales promotions targeted at retailers and wholesale are called trade sales promotions. Some sale promotions, particularly ones with unusual methods, are considered gimmicks by many. Sales promotion includes several communications activities that attempt to provide added value or incentives to consumers, wholesalers, retailers, or other organizational customers to stimulate immediate sales. These efforts can attempt to stimulate product interest, trial, or purchase. Examples of devices used in sales promotion include coupons, samples, premiums, point-of-purchase (POP) displays, contests, rebates, and sweepstakes. 3. Kind Of Promotion Generally, there are several types of promotional activities, including advertising (Advertising), Face to Face Sales (Personal Selling), Publicity (Publisity) Sales Promotion (Sales promotion). The following outlines the translation of promotional activities on: Advertising (Advertising), a form of non-personal promotion by using a variety of media aimed to stimulate purchases. Advertising offers a product to consumers by way of the reasons that buying Face to Face Sales (Personal Selling), which is a personal form of promotion by an oral presentation in a conversation with a prospective buyer who intended to stimulate the purchase of a product or activity promoted by approaching to where the consumer is, by a salesperson / salesperson. With the direct contact between the salesperson and the customer, then there was two-way communication. Publicity (Publisity), a form of non-personal promotion of the service, or a particular business entity with the way this information / news about it (mostly scientific) or an effort to stimulate demand for a product in a non-personal non-commercial use. About these products in print and electronic media, as well as an interview featured in the media. This method is excellent for introducing your company or products, because publicity can reach potential buyers that can not be achieved by advertisement and personal selling. Sales Promotion, which is a form of promotion beyond the three forms above are intended to stimulate purchases. Sales promotion offers a product in a way that gives incentive to buy. Incentives can be in the form of money, goods or other additional services that are usually not included with the product. 4. Why Do We Need Promotion ? 1. For attract customers to buy the products we sell promotional 2. Used by a peruahaan or someone to introduce products or items to sell them. 3. To provide information on products that they marketed 4. With his existing campaign, aims to attract others to buy the products that we market and they can increase of sales, and will further create new products more known in the community for the future Present Tense Sentences 1. Promotion is a form of corporate communication that uses various methods to reach a targeted audience with a certain message in order to achieve specific organizational objectives. 2. Promotional purposes is fundamental in making the overall promotional program will be run by the company 3.Once again, the company must know the postal code of the area that can be targeted 4. Many companies use advertisements to change the attitude of prospective buyers projecting 5. In down-to-earth terms it is a way of lifting sales temporarily by appealing to economic motives and impulse-buying behavior. 6.One important goal of this campaign is the promotion must be able to provide a number of potential buyers almost no bearing or intended target, 7. So the company faces the problem of how to keep the campaign by other companies. 8.Other promotional purposes to promote 9.In accordance with the ultimate goals of the campaign is to improve the company's results 10.One technique of the sales promotion to reach the market by entering the product on a television show or movie. Present past tense 1.Free gifts – a free product when buy another product 2.non-personal communication transmitted through mass media 3. free promotion through news stories in newsletters, newspapers, magazines and television 4.Criteria used to measure success 5 Coupons can be sent, included or attached to the product 6.Providing discounted purchase price on the spot, 7.Items offered at a relatively low cost or free 8.so companies have to choose which one can be achieved 9.we did caused so much promotion done also by other companies 10.Other promotional purposes of promoting an understanding was reached on a prospective buyer interprets the message reached him

Sabtu, 29 Desember 2012

tulisan penalaran induktif,karya ilmiah,tulisan ilmiah

PENALARAN INDUKTIF penalaran induktif adalah suatu penalaran yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Jadi,penalaran induktif adalah suatu penalaran yang sifatnya bertolak dari pernyataan-pernyataan yang sifatnya umum sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang bersifat umum. 1.Generalisasi Generalisasi adalah suatu proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomenal individual untuk menurunkan suatu inferensi yang bersifat umum yang mencakup semua fenomena. Generalisasi dibagi atas 2 bagian: o Generalisasi Tanpa Loncatan Induktif (Generalisasi tidak sempurna) adalahSebuah generalisasi bila fakta-fakta yang diberikan cukup banyak dan menyakinkan, sehingga tidak terdapat peluang untuk menyerang kembali. Contoh : Hampir seluruh orang di Indonesia menderita sakit magh. o Generalisasi Dengan Loncatan Induktif (Generalisasi sempurna) Dalam loncatan induktif suatu fenomena belum mencerminkan seluruh faktayang ada. Fakta-fakta tersebut yang digunakan dianggap sudah mewakili seluruh persoalan yang diajukan. Dengan demikian loncatan induktif dapat diartikan sebagai loncatan dari sebagian evidensi kepada suatu generalisasi yang jauh melampauikemungkinan yang diberikan oleh ebidensi itu. 2. Analogi Analogi yaitu proses membandingkan dari dua hal yang berlainan berdasarkan kesamaannya kemudian berdasarkan kesamaannya itu ditarik suatu kesimpulan Contoh : putri adalah bintang iklan putri memiliki paras cantik Oleh sebab itu, putri memiliki paras cantik 3. Hubungan kausal Adalah suatu penalaran yang disebabkan dari gejala yang saling berkaitan satu sama lain 3hubungan antarmasalah:  sebab-akibat sebab-akibat mempunyai pola A yang menyebabkan B. kedua hubungan ini juga dapat berpola A yang menyebabkan B,C,D dan seterusnya. Jadi, peristiwa tersebut mempunyai efek dari satu kejadian yang dianggap sebagai penyebab yangkadang lebih dari satu contoh : hujan tahun ini sudah mengguyur desa kami Air sungai pun ikut berangsur naik jalan dan halaman rumah kami pun sudah dibajiri dengan air hujan Akhirnya, banjir pun telah melanda desa kami.  Akibat-sebab penalaran akibat-sebab seperti ini dan kejadian peristiwa tersebut dapat dijadikan sebagai simpulan.  Akibat-akibat Adalah penalaran yang dapat menyiratkan suatu penyebabnya. Suatu peristiwa “akibat” dapat langsung disimpulkan sebagai suatu “akibat” yang lainnya. contoh : Ibu mendapatkan adi sedang bermain diluar rumah, sehingga ibu beranggapan bahwa adi baik-baik saja Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Tujuan Karya Ilmiah o Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis. o Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya. o Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian. Manfaat Karya Ilmiah o Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif; o Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber; o Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan; Tulisan Ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu masalah berdasarkan penyelidikan, pengamatan, pengumpulan data yang didapat dari suatu penelitian, baik penelitian lapangan, tes laboratorium, ataupun kajian pustaka yang didasarkan pada pemikiran (metode) ilmiah yang logis dan empiris. Karya tulis ilmiah dibagi 2: 1.karya tulis ilmiah yang merupakan laporan hasil pengkajian/penelitian 2.karya tulis ilmiah yang berupa tinjauan/ulasan/ gagasan ilmiah Jenis karya tulis Ilmiah  Makalah atau paper adalah rumusan atau simpulan pemikiran sebagai hasil telaah atau pengkajian sederhana dari sebuah referensi bacaan, pemikiran tokoh, ilmuwan atau penulis sebelumnya.Makalah biasanya disajikan dalam forum seminar, lokakarya, workshop dan sejenisnya.  Laporan praktikum adalah laporan tertulis dari serangkaian kegiatan praktikum yang telah dilakukan oleh seorang atau sekelompok siswa. Artikel adalah gagasan tertulis dari penulis tentang suatu permasalahan yang didasarkan pada kajian pustaka atau hasil penelitian.  Tugas akhir baik skripsi (tingkat S1), thesis (S2) atau disertasi (S3) adalah karya ilmiah yang ditujukan untuk mengakhiri studi di perguruan tinggi. Sumber  http://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah  http://girlycious09.wordpress.com/tag/macam-macam-karya-ilmiah/  http://debyvirdy.wordpress.com/2012/03/16/penalaran-induktif-2/  http://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah nama:vivi julianti kelas:3eb23 npm:29210093

tugas karangan ilmiah,makna konotatif,makna denotatif

Karangan Ilmiah Karangan Ilmiah adalah karangan yang dibuat berdasarkan cara yang sistematis dan memiliki ciri-ciri tertentu. Hal-hal yang harus ada dalam karya ilmiah antara lain: 1. Karya tulis ilmiah memuat gagasan ilmiah lewat pikiran dan alur pikiran. 2. Keindahan karya tulis ilmiah terletak pada bangun pikir dengan unsur-unsur yang menyangganya. 3. Alur pikir dituangkan dalam sistematika dan notasi. 4. Karya tulis ilmiah terdiri dari unsur-unsur: kata, angka, tabel, dan gambar, yang tersusun mendukung alur pikir yang teratur. 5. Karya tulis ilmiah harus mampu mengekspresikan asas-asas yang terkandung dalam hakikat ilmu dengan mengindahkan kaidah-kaidah kebahasaan. 6. Karya tulis ilmiah terdiri dari serangkaian narasi (penceritaan), eksposisi (paparan), deskripsi (lukisan) dan argumentasi (alasan). 4 aspek karakteristik Karya Ilmiah: a. struktur sajian b. komponen dan substansi. c. sikap penulis d. penggunaan bahasa ciri-ciri karangan ilmiah: 1. Kejelasan 2. Kelogisan 3. Kelugasan 4. Keobjektifan 5. Keseksamaan 6. Kesistematisan 7. Ketuntasan Macam – macam karangan ilmiah  Laporan penelitian adalah laporan yang ditulis berdasarkan penelitian  Skripsiadalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik sarjana strata satu (Si).  Tesis adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik strata dua (S2), yaitu Master.  Disertasi adalah tulisan ilmiah untuk mendapat gelar akademik strata tiga (S3), yaitu Doktor. • Surat pembacaadalah surat yang berisi kritik dan tanggapan terhadap isi suatu tulisan ilmiah. • Laporan kasus adalah tulisan mengenai kasus-kasus yang ada yang dilandasi dengan teori. Makna Denotasif adalah makna yang sebenarnya yang sama dengan makna lugas untuk menyampaikan sesuatu yang bersifat faktual. Makna pada kalimat yang denotatif tidak mengalami perubahan makna. Contoh : - Mas parto membeli susu sapi - Dokter bedah itu sering berpartisipasi dalam sunatan masal Makna Konotatif makna yang bukan sebenarnya yang umumnya bersifat sindiran dan merupakan makna denotasi yang mengalami penambahan. Contoh : - Para petugas gabungan merazia kupu-kupu malam tadi malam - Bu Marcella sangat sedih karena terjerat hutang lintah darat (lintah darat = rentenir) Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah http://aidafiteri.blogspot.com/2012/04/pengertian-dan-ciri-ciri-karangan.html http://belajarpsikologi.com/macam-macam-karya-ilmiah/ http://girlycious09.wordpress.com/tag/macam-macam-karya-ilmiah/ http://aneneharief.wordpress.com/2012/04/20/ciri-cirimacam-macam-dan-sifat-karya-ilmiah/ http://kumpulanilmu2.blogspot.com/2012/09/pengertian-dan-contoh-kalimat-donotasi.html

Sabtu, 27 Oktober 2012

PENALARAN DEDUKTIF

SOAL 1.Bagaimanakah penarikan kesimpulan dalam penalaran deduktif? 2.apakah yang dimaksud dengan simpulan tak langsung? 3.apakah arti dari premis? 4.premis apa sajakah yang ada dalam simpulan secara tidak langsung? 5.sebutkan beberapa jenis penalaran deduksi dengan penarikan secara tidak langsung? 6.apakah yang dimaksud dengan premis mayor,premis minor dan simpulan ? 7.sebutkan tiga term yang ada pada silogisme? 8.apakah yang dimaksud dengan silogisme hipotesis, silogisme alternative dan entimen? 9,sebutkan jenis-jenis dari proposisi? 10.mengapa dalam entimen tidak mempunyai premis mayor? sumber: E. Zaenal Arifin dan S. Amran Tasai "Cermat Berbahasa Indonesia"

PENALARAN DEDUKTIF

PENALARAN DEDUKTIF Penlaran deduktif bertolak dari sebuah konklusi simpulan yang didapat dari satu atau lebih pernyataanyang lebih umum.simpulan yang diperoleh tidak mungkin lebih lebih umum dari pada propoposi tempat menarik simpulan itu.proposisi tempat menarik simpulan itu disebut premis Penarikan simulan (konklusif) secara deduktif dapat dilakukan secara langsung dan dapat pula dilakukan secara tak langsung. MENARIK SIMPULAN SECARA LANGSUNG Simpulan (konklusif)secra langsung ditarik dari premis.sebaliknya,konklusif yang ditarik dari dua premis disebut simpulan tak langsung. Misalnya: 1) Semua S adalah P (premis) Sebagian P adalah S(simpulan) Contoh: Semua ikan berdarah dingin (premis) Sebagian yang berdarah dingin adlah ikan (simpulan) 2) Tidak satu pun S adalah P (premis) Tidak satu pun P adalah S (simpulan ) Contoh: Tidak seekor nyamuk pun adalah lalat (premis) Tidak seekor lalat pun adalah nyamuk (simpulan) 3) Semua S adalah P(premis) Tidak satu pun S adalah tak P(simpulan ) Contoh: Semua rudal adalah senjata berbahaya (premis) Tidak satu pun rudal adlah senjata yang tidak berbahaya(simpulan) 4) Tidak satu pun S adalah P (premis) Semua S adalah tak-P (simpulan) Contoh: Tidak seekor harimau pun adalah singa(premis) Semua harimau adalah bukan singa(simpulan) 5) Semua S adalah P (Premis) Tidak satu pun S adalah tak P (simpulan) Tidak satu pun tak P adalah S (simpulan ) Contoh: Semua gajah adalah berbelai (premis) Tidak satu pun gajah adalah tak berbelai (simpulan) Tidak satu pun yang tak berbelalai adalah gajah (simpulan) MENARIK SIMPULAN SECARA TIDAK LANGSUNG Penalaran deduksi yang berupa penarikan simpulan secara tidak langsung memerlukan semua premis sebagai data.dari dua premis iniakan dihasilkan sebuah simpulan ,premis yang pertama adalah premis yang bersifat umum dan premis yang kedua adalah premis yang bersifat khusus. Untuk menarik simpulan secara tidak langsung ini ,kita memerlukan suatu premis (pernytaan dasar )yang bersifat pengetahuan yang semua orang sudah tau ,umpamanya setiap manuasia akan mati ,semua ikan berdarah dingin,semua sarjana adalah lulusan perguruan tinggi ,atau semua pohan kelapa berakar serabut. Beberapa jenis pernalaran deduksi dengan penarikan secara tidak langsung sebagai berikut: a) Silogisme kategori adalah silogisme yang terjadi dari tiga proporsi. Contoh: Semua manusi bijaksa Semua polisi adalah manusia Jadi, semua polisi bijaksana Aturan umum silogisme kategorial adalah sebagai berikut: • Silogisme terdiri dari tiga term yaitu term mayor,term minor,dan term penengah • Sigisme terdiri dari tiga proporsi yaitu premis mayor, premis minor,dan simpulan • Dua premis negative tidak dapat menghasikan simpulan • Bila salah satu premisnya negative ,simpulan pasti negative • Dari premis yang positif ,akan menghasilkan simpulan yang positif pula • Dari dua premis yang khusus tidak dapat ditarik satu simpulan • Bila salh satu premisnya khusus ,simpulan akan bersifat khusus • Dari premis mayor yang khusus dan premis minor yang negative dapat ditarik satu kesimpulan b) Silogisme hipotesis Adalah silogisme yang terdiri atas premis mayor yang berproposisi kondisional hipotesis Contoh: Jika besi dipanaskan,besi akan memuai Besi dipanaskan Jadi,besi memuai Jika besi tidak dipanaskan ,besi tidak akan memuai Besi tidak dipanaskan Jadi,besi tidak akan memuai c) Silogisme alternative Silogisme yang terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternative. Contoh: Dia adalah seorang kiai atau professor Dia seorang kiai Jadi,dia bukan seorang professor Dia adalah seorang kiai atau professor Dia bukan seorang kiai Jadi,dia adalah professor d) Entimen Adalah silogisme yang tidak mempuyai premis mayor karena premis mayor itu sudah diketahui secara umum.yang diketemukan hanya premis minor dan simpulan. Contoh: Semua sarjana adalah orang cerdas Ali adaalh seorang sarjana Jadi,ali adlah orang cerdas Dari silogisme ini dapat ditari satu etiemn ,yaitu “ali adalah orang cerdas karena dia adalah seorang sarjana”. sumber: E. Zaenal Arifin dan S. Amran Tasai "Cermat Berbahasa Indonesia"