Minggu, 07 November 2010

PEMASARAN


PEMASARAN


  • PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
  • STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
  • PASAR
  • MARKETING MIX DAN PRODUK
  • SALURAN PEMASARAN
  • PENENTUAN HARGA
  • PROMOSI DAN PERIKLANAN
  • PERSONAL SELLING ,PROMOSI PENJUALAN ,DAN PUBLISITAS

 PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

  • Pengertian pemasaran

            Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan ,menentukan harga ,mempromosikan ,dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli pontensial.

  • Penciptaan faedah bagi konsumen
 Faedah adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan
Perusahaan dapat menciptakan 5 macam faedah yaitu:
  1. faedah bentuk
  2. faedah waktu
  3. faedah tempat
  4. faedah milik
  5. faedah informasi

·         Konsep pemasaran

Konsep pemasaran adalah sebuah filsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan .

  • Pendekatan studi pemasaran
 Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan yaitu :
1.      pendekatan serba fungsi
2.      pendekatan serba lembaga
3.      pendekatan serba barang
4.      pendekatan serba menajemen
5.      pendekatan serba system

  • Pendekatan serba fungsi
 Adapun fungsi pokok  pemasaran adalah :
1.      penjualan adalah fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang di tuju
2.      pembelia bertujuan memilih barang-barang yang di beli untuk di jual atau untuk digunakan dalam perusahaan dengan harga ,pelayanaan dari pemjual dan kwalitas produk tertentu.
3.      pengangkutan merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ketempat bang di konsumsikan
4.      penyimpanan merupakn fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan
5.      pembelanjaan adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ektren guna menyelengarakan kegiatan pemasaran .
6.      penanggungan resiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi resiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
7.      standar disasi dan grading adalah 2 istilah yang agak berbeda meskipun ada juga persamaanya.
Standarlisasi adalah penentuan batas-batas dasardalam bentuk spesifikasi barang-barang hasil manufaktur ,kadang-kadang juga disebut normalisasi
Gredi adalah usaha menggolongkan barang dalam golongan standar kwalitasyang telah mendapat pengakuan dunia perdagangan .
8.      penggumpulan informasi pasar

·                     Pendekatan serba lembaga

Mempelajari pemasaran dari segi organisasi / lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran
·                     Pendekatan serba barang

Adalah merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari  titik produksi kepada konsumen akhir atau konsumen industri .

·                     Pendekatan serba menajemen

Mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan peda pendapat menejer serta keputusan yang mereka ambil .

·                     Pendekatan serba system

Sumber pemasran adalah kimpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang ,jasa,ide ,orang,dan factor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pemasaran .

STUKTUR ORGANISASI PEMASARAN

PASAR
·                     Pengertian pasar

Pasar adalah orang-orangyang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelaja ,dan kemauan untuk membelanjakanya .

3 unsur penting yang terdapat dalam pasar yaitu :

1)                  Orang dengan segala keinginanya
2)                  Daya beli mereka
3)                  Kemauan untuk membelanjakan ungnya

·                     Macam –macam pasar

-          Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk konsumsikan ,bukannya dijual atau diproses lebih lanjut .
-          Pasar industri adalah pasar yag terdiri atas individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barng untuk dipakai lagi,baik secara langsung maupun tidak langsung ,dalam memproduksi barang lain yang kemudian di jual .
-          Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri atas individu –individu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksdud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan laba.
-          Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah seperti :depertemen-departemen ,direktorat ,kantor dinas,dll.

·                     Segmentasi pasar

Adalah kegiatan membagi –bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan –satuan pasar yang bersifat homogen

MARKETING MIX DAN PRODUK

·                     Penertian marketing mix

Marketing mix adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan yakni :produk ,struktur harga ,kegiatan promosi ,dan system distribusi.

Pengertian barang

Barang atau produk adalah suatu sifat yang komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba ,termasuk bungkus ,warna ,harga ,pretise perusahaan dan pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer ,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhanya .


·                     Pengolongan barang menurut tingkat pemakaian  dan kekongritanya

1)                  Barang tahan lama
2)                  Barang tidak tahan lama
3)                  Jasa

·                     Penggolongan barang menurut tujuan pemakainya oleh sipemakai

1)                  Barang konsumsi adalah barang yang dibeli untuk dikonsumsi .yang terdiri dari 3 golongan yaitu barang konvesien ,barang shoping ,barang special
2)                  Barang industri barang yang dibeli untuk diproses lagi atau kepentinagan dalam industri .yag dibedakan menjadi 5 golongan yaitu :
§  Bahan baku
§  Komponen dan barang setengah jadi
§  Perlengkapan operasi
§  Intlalasi
§  Peralatan extra


·                     Siklus kehidupan barang

1)                  Tahap perkenalan
2)                  Tehap pertumbuhan
3)                  Tahap kedewasaan dan kejenuhaan
4)                  Tahap kemunduran

·                     Merk

Adalah suatu nama ,istilah ,symbol atau disain atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenalan barang atau jasadari seorang penjual atau ekelompok penjual dan untuk membedakanya deri barang –barang yang dihasilkan oleh pesaing .


SALURAN PEMASARAN

·                     Pegertian saluran distribusi

Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunkan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produksen sampai ke konsumen atau pemakai industry .

·                     Saluran distribusi ganda

Factor –faktor tersebut antara  lain :
·                     Jenis barang yang dipasarkan
·                     Produsen yang menghasilakn produknya
·                     Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
·                     Pasar yang dituju

·                     Perantara saluran

Adapun jenis-jenis perantara saluran :

  • Pedagang besar
  • Pengecer
  • Agen


·                     jumlah perantara dan saluran

  • distribusi intensif
  • distribusi selektif
  • distribusi ekslusif

·                     Distribusi fisik

  • Pengangkutan  adalah pemindahan barang melalui suatu jalan atau jalur yang mengambil tempat diantara lembaga-lembaga saluran ,atau antara lembaga saluran dengan konsumen .

Penggolongan sesuai dengan pengangkutanya digolongkan kedalam :
§  Angkutan truk
§  Angkutan denga kereta api
§  Angkutan dengan pipa
§  Angkutan denga pesawat udara
§  Angkutan dengan kapal

Penggolongan sesuai dengan bentuk hukumnya :
§  Agen pengangkutan umum
§  Agen pengangkutan kontrak
§  Agen pengangkutan sendiri
§  Perantara angkutan
§  Penyimpanan


PENENTUAN HARGA

·                     Arti dan pentingnya harga

Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang berserta pelayananya .
Factor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga:
·         Keadaan perekonomian sangat mempengaruhi tingkat harga yang berlaku
·         Penawaran dan permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli oleh pembeli pada tingkat harga tertentu .
Penawaran adalah suatu jumlah yang ditawarkan oleh penjual pada suatu tingkat harga tertentu.

Elastisitas permintaan
·         Inelastic
·         Elastis
·         Unitary elasticity

Persaingan
·         Persaingan tidak sempurna
·         Oligopoly
·         Monopili

Biaya
Adalah dasar dalam penentuan harga sebab suatu tingkat harga yang tidak dapat menutup biaya akan mengakibatkan kerugian
Tujuan perusahaan 

Tujuan perusahaan
·         Laba maksimum
·         Volume penjualan tertentu
·         Penguasaan pasar
·         Kembalinya modal yang tertanam dalam jangka waktu tertentu .

Pengawasan pemerintah
Adalah fektor penting dalam penetuan harga .

·                     Metode –metode penetapan harga

1)      Penetapan harga biaya plus
2)      Penetapan harga make-up
3)      Penetapan harga break-up
4)      Penetapan harga dalam hubungannya dengan pasar

·                     Politik penetapan harga
1)      Penetapan harga psikologis
2)      Price lining
3)      Potongan harga
Potongan kuantitas
Potongan dagang
Potongan tunai
Potongan musiman
4)         Penetapan harga geografis


PROMOSI DAN PERIKLANAN

·                     PROMOSI
Adalah salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.
Kegiatan yang ada dalam promosi :
·         Periklanan adalah komonikasi non individu ,dengan sejumlah biaya ,melalui berbagai media yang dilakukan oleh lembaga perusahaan dan lembaga non laba serta individu-individu
1)                  Tujuan periklanan adalah menjual atau meningkatkan penjualan barang atau jasa.
2)                  Jenis periklanan
·                     Periklanan barang
·                     Periklanan perlembagaan
3)         media periklanaan
·                     Surat kabar
·                     Majalah
·                     Radio
·                     Televisi
·                     Pos langsung
4)         biro periklanan

 
PERSONAL SELLING ,PROMOSI [ENJUALAN DAN PUBLISITAS

 ·                     Personal selling

Adalah interaksi antara individu ,saling ketemu muka yang ditujukan untuk menciptakan ,memperbaiki ,mengguasai ,atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan ihak lain.

1)      Proses personal selling
·         Persiapan sebelum penjualan
·         Penetapan lokasi pembelian pontensial
·         Pendekatan pendahuluan
·         Melakukan penjualan
·         Pelayanaan sesudah penjualan
2)      jenis-jenis tugas penjualan dan salesmen

·                     Promosi penjualan
Adalah kegiatan promosi
·                     Publikasi
Merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media.

DESAIN DAN PRILAKU ORGANISASI


DESAIN DAN PRILAKU ORGANISASI


  • PENGERTIAN ORGANISASI
  • ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL
  • STRUKTUR ORGANISASI DAN PENYUSUNANYA
  • PRILAKU KEORGANISASIAN

PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi  menurut bonne dan Kurtz  adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.

Organisasi terbagi 2:
*      Organisasi formal
Adalah system tugas ,hubungan wewenang ,tanggung jawab,dan pertanggung jawaban yang dirancang oleh menajemen agar pekerjaan dapat dilakukan .
Beberapa factor yang harus diperhatikan dalam penyusunan struktur organisasi formal adalah:
1.      wewenang
2.      tanggung jawab
3.      pertanggung jawaban
4.      delegasi
5.      koordinasi
*      organisasi informal
adalah suatu jaringan hubungan pribadi dan social yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal.
Komunikasi yang terjadi dalam organisasi informal berjalan dengan cepat dari mulut ke mulut .sistem komunikasi ini disebut system tanaman rambat.

SENTRALISASI VS DESENTRALISASI

            Organisasi yang disentralisir

                        Merupakan sebuah system yang wewenang serta pengendaliannya deipegang di suatu pusat,biasanya eksekutif puncak.
 Kebaikan organisasi yang disentralisir adalah

  1. Bahwa pengendalian yang lebih efektif dapat dilakukan
  2. Memperpendek jangka pengambilan keputusan
  3. Memungkinkan bagi seluruh unit untuk meliputi suatu rencana tindakan yang seragam .
Keburukan dari organisasi yang disentralisir adalah

  1. Jika perusahaan berkembang dengan pesat maka beban kerja pada eksekutif puncak menjadi terlalu banyak.
  2. organisasi yang disentralisir hanya memberi pengalaman sedikit kepada para menejer muda dalam pengambilan keputusan .

Organisasi yang didesentralisir
           
            Merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelagasikan kepada jenjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan peda jenjang tertinggi.

PEMBENTUKAN STRUKTUR ORGANISASI

            Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari 3 elemen unci setiap organisasi  yaitu:
  1. interaksi kemanusiaan
  2. kegiatan yang terarah ketujuan
  3. struktur
tujuan perusahaan harus dipecah kedalam tujuan –tujuan khusus untuk setiap karyawan dalam perusahaan.

Tujuan hierarki
            Adalah organisai berlingkup dari tujuan perusahaan keseluruhaan sampai tujuan –tujuan khusus yang di tetapkan untuk masing –masing karyawan.


Departementalisasi
            Adalah pembentukan organisasi dimulai dengan pengenalisisan kegiatan-kegiatan utama organisasi kebanyakan perusahaan kegiatan berupa produksi ,pemasaran ,pembelanjaan dan personalia .

Wewenang dan tanggung jawab
            Adalah tindakan menugaskan kegiatan kepada bawahan disebut pendelegasian .
Dalam pendelegasian kegiatan ,menejer memberikan tanggung jawab kepada bawahan untuk melaksanakan tugas-tugas yang ditugaskannya .disamping tanggung jawab,bawahan diberikan wewenang yang sepadan dengan tanggung jawab tersebut .
Banyak pendapat yang menyatakan bahwa menajemen puncak sebaiknya membawahi secara langsung bawahan sebanyk antara 4 sampai 8 orang.

Komunikasi yang efektif
            Adalah tugas yang relative sederhana bagi organisasi kecil.pesan-pesan ,banyak yang diberikan secara tertulis melalui beberapa jenjang dala organisasi .


Menghindari pertumbuhan organisasi yang tidak perlu
            seorang filsafat dan sejarahwan inggris bernama C.Northcot Parkinson menjelaskan kencenderungan tersebut dalam bukunya Parkinson ‘s law: “pekerjaaan itu meningkat sedemikian rupa sehingga menggisi waktu yang tersedia untuk penyelesaianya”.

Bentuk-bentuk struktur organisasi
            Adalah kegiatan yang dilakukan dalam suatu organisasi ,makin komplek pula hubungan-hubungan yang ada. Bagan-bagan yang mengambarkan tentang hubungan tersebut termasuk hubungan antara masing-masung kegiatan atau fungsi .

Bentuk organisasi ini bermacam –macam tetapi pada pokoknya ada 4:
1.      organisasi garis
2.      organisasi garis dan staf
3.      organisasi fungsional
4.      komite  dan organisasi metric
Organisasi garis
     adalah kekuasaan mengalir secara langsung dari direktur ke kepala bagian dan kemudian terus ke karyawan-karyawan di bawahnya .masing-masing bagian merupakan unit yang berdiri sendiri ,dan kepala bagian menjalankan semua fungsi pengawasan dalam bagiannya .

kebaikan organisasi garis

  1. adanya kesatuan dalam pimpinan dan perintah
  2. pimpinan dapat lebih cepat dalm mengambil keputusan, sebab tidak perlu membicarakanya dengan orang lain
  3. menghemat biaya ,sebab pengawasan dari berbagai kegiatan hanya dilakukan oleh seorang saja .

keburukan organisasi garis  

  1. sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaaan .
  2. tidak adanya spesalisasi menyebabkan tugas yang berat bagi para petugas sehngga kurung efesien
  3. kurangnya kerja sama diantara masing-masing bagian

Organisasi garis dan staf
      Adalah kombinasi yang diambilkan dari keuntungan–keuntungan adamya pengawasan secara langsung dan spesialisasi dalam perusahaan .


Kebaikan organisasi garis dan staf

1. pimpinan lebih leluasa dalam memberikan sarana terhadap tugas khusus diluar bagiannya
2. staf dapat mendidik para petugas
3.adanya kesatuan dalam pimpinan sehingga menciptakan aliran kekuasaan dengan jelas

keburukan organisasi garis dan staf

1.      dapat menimbulkan anggpan pada petugas untuk lebih percaya kepda staf dari atasanya
2.      staf dapat ikut disalahkan apabila sarana yang diberikan tidak memperoleh hasil

Organisasi fungsional
      Adalah masing –masing menejer merupakan seorang spesialis atau ahli dan masing-masing bawahan / pekerja mempunyai beberapa pimpinan .

Kebaikan organisasi fungsional

1.      masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli edalam bidangnya ,sehingga terdapat keserasian antara tugas dan keahliannya
2.      tugas para menejer menjadi lebih ringan dengan adanya pembagian fungsi

keburukan organisasi fungsional

1.      tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan .
2.      kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara tepat diatasi
3.      kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan diantara menejer


Organisasi komite
      Dilkukan untuk mengumpulkan pendapat tentang berbagai kegiatan dalam perusahaan .
Syarat-syarat membentuk komite antara lain :

1.      suasananya santai dan bersifat informal
2.      semua anggota komite ikut ambil bagian dalam membicarakan tugas-tugasnya
3.      komite mengetahui tentang tugas-tugas yang dibebankan kepadanya

kebaikan komite

1.      merupakan sebuah forum untuk saling bertukar pendapat diantara beberapa anggota
2.      menciptakan koordinasi yang lebih baik
3.      meningkatkan pengawasan karena macam-macam komite tersebut dapat berhubungan langsung dengan para pelaksana

keburukan komite

1.      keharusaan untuk berkompromi
2.      sering menimbulkan kesimpang siuran dalm organisasi
3.      tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung sarana-sarana yang diberikan

Organisasi matrik
            Adalah struktur organisasi dimana para spesialis dari bagian –bagian yang berbeda disatukan untuk mengerjakan proyek khusus.


Kebaikan organisasi matrik
  1. lues
  2. memberikan alat inovasi tampa menggangu struktur organisasi yang ada
  3. memberikan metode untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah utama yang sprsifik atau persoalan –persoalan teknis yang unit

keburukan organisasi matrik

  1. beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini melanggar prinsip kesatuan perintah yang tradisional
  2. konflik dapat muncul antara menejer proyek dengan menejer-menejer bagian lain


PERILAKU KEORGANISASIAN


*      Kelompok kerja
Adalah sekumpulan karyawan yang secara bersama-sama mempunyai pekerjaan serupa .dalam beberpa hal kelompok-kelompok itu terbentuk karena karyawan mengharapkan lebih banyak manfaat pada pekerjaanya .

*      Motivasi
Adalah motif intern yang menyebabkan orang berprilaku seperti yang mereka lakukan
Menurut masllow:
Teori motivasi menekankan 2 ide dasar :
1.orang mempunyai banyak kebutuhan , tetapi hanya kebutuhan –kebutuhan yang belum terpenuhi saja yang dapat mempengaruhi prilaku manusia
2.kebutuhan manusia dikelompokan kedalam sebuah hierarki kepentingan .jika suatu kebutuhan terpenuhi, kebutuhan lain yang tingkatnya lebh tinggi akan muncul dan memerlukan pemuasan .

*      Pekerjaan dan sikap jabatan
Keyakinan bahwa kerja keras adalah baik itu juga merupakan bagian dari etika kerja .
Kepuasaan jabatan dipandang sebagai indicator yang bermanfaat bagi menajemen untuk menentukan apakah terdapat bidang-bidang masalah dalam angkatan kerja organisasi .

*      Kepemimpinan
Beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa tidak ada “satu cara terbaik” untuk memimpin karyawan .ini bergantung pada pemimpinnya ,karyawan dan situasi yang ada.