Sabtu, 23 Oktober 2010

Lingkungan Perusahaan


BAB II

LINGKUNGAN PERUSAHAAN

ü  Pengaruh lingkungan terhadap perusahaan
ü  Lingkungan fisik ,energi dan konservasi
ü  Lingkungan perekonomian
ü  Lingkungan hukum
ü  Lingkungan pemerintah
ü  Lingkungan internasional


PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN

            Kondisi bisinis banyak berpengaruh pada kehidupan kita.oleh karena itu perusahaa-perusahaaan mempunyai tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia.perusahaan tidak bisa berprinsip semaunnya dalam melksanakan kegiatannya .penentuaan seberapa jauh perusahaaan harus mengarah pada tujuan ekonomi dapat menimbulkan delima.
§  Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungan  perusahaan adalah keseluruhaan dari faktor –factor ekstern mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya factor –factor yang mempengaruhi perusahaan adalah luas dan banyak ragamnya termasuk aspek-aspek ekonomi ,politik, social ,etika-ekonomi,dan ekologi fisik .
Perusahaaan Dalam Masyarakat yang Pluralistik
      Masyarakat mempunyai pengaruh yang kutat dan bermacam-macam dan berbagai kelompok yang ada dimotivasi oleh minat sendiri .sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanaan perusahaan .oleh karena itu perusahaan harus menjaga hubungan baik dengan kelompok atau pihak-pihak yang berkepentingan .
      Dalam masyarakat pluralistic ,terdapat banyak pusat kekuatan ,masing-masing mempunyai sifat mandiri.kelompok dapat menyebarakan kekuatandan mencegah terjadinya pemusatan kukuatan pada suatu segmen masyarakat .pluralisme mencerminkan usaha manusia dan kepentingan dari berbagai organisasi.
Kesan Negatif Tentang Perusahaan
      Kesan negative terhadap perusahaan antara lain menyangkut penyelewengan pajak ,penyelundupan barang ,penyogokan kepada penjabat pemerintah,periklan yang menipu ,kebocoran pabrikyang berbahaya ,pembayaran-pembayaran yang tidak elegal dan sebagainya.

Usaha –Usaha Untuk Memperbaiki Kesan Negatif
      Untuk memperbaiki adannya kesan-kesan negative dari masyarakat terhadap perusahaaan tentunya perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah yang negative serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat yang efektif.

Lingkungan Fisik ,Energi dan Konservasi

      Masalah yang sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah lingkungan fisik.jakarta dan Surabaya sudah dirasakan semakin besarnya polusi udara dan air.pengembangan energy nuklir sebagai sumber tenaga harus di perhatikan secara seksama .kasus ledakan pusat listrik tenaga nuklir di uni soviet dan kasus kebocoran pabrik pektisida di india merupakan contoh pencemaran udara yang cukup besar dengan banyak karbon .dampaknya dirasakan dalam jangka waktu lama.

§  Ekologi
Adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkunganya .kualitas lingkungan semakin menurun disebabkan oleh tiga factor :
1.      Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2.      Perkembangan teknologi baru
3.      Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi
§  Macam Macam Polusi
Polusi merupakan pengrusak lingkungan alam .air dan udara yang sebelumnya bersih sekarang tercemar .polusi menjadi ancaman bagi lingkungan yang sehat .
Pencemaran Udara
            Rata-rata orang menghirup udara sebanyak 35 pon per hari.sebagian besar pencemaran udara diakibatkan oleh asap kesendaraan bermotor mengigat jumlah kendaraan bermotor yang cukup besar .polusi udara menimbulkan dampak negative yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasanpencemaran udara seperti ini berpengaruh negative pada kesehatan badan setiap orang .contoh ektrime pada kebocoran pabrik pestisida di india yang mengakibatkan jatuhnya ribuan korban baik meninggal maupun cacat serta akibat-akibat lain.
Pencermaran Air
            Pencemaran air berasal berbagai macam sumber seperti lingkungan industry,pemukiman dan lingkungan pertanian.pengunaan pupuk yang mempunyai kandungan nitrat cukup besar menyebabkan polusi air baik di pemukuman maupun di bawah tanah .padatnya pemukiman di suatu daerah dapat menjadi sumber polusiair.jarak antara sumber air dengan tangki peresapan berdekatan sehingga bakteri-bakteri dalam tangki peresapan dapat merembes masuk ke sumber air .air yang mengandung bekteri-bekteri tidak baik bagi kesehatan badan jika di minum.
Pencemaran Sampah Awet
            Sampah awet seperti kaleng bekas ,botol ,karet dan plastic tidak lekas larut dalam tanah.pihak-pihak yang membantu daam mengurangi polusi sampah awet yaitu gelandangan para pencari kaleng ,botol,danyang mendapatkan hasil dengan menjuanya kepabrik-pabrik pengolahan .pekerjaan yang dilakukan oleh para pengumpul kaleng merupakan tahap awal dari proses pengolahan kembali sampah awet.pengolahan kembali dapat menghemat 95% energy dalam pembuatan aluminium .ini dapat menghemat bahan baku serta mengurangi jumlah modal untuk investasi yang di perlukan .
§  Energi dan Konservasi
Sumber energy minyak bumi sudah lama digunakan disamping batu-bara dan air .kemudian muncul penggunaan gas alam dan akhir –akhir ini sudah mulai di kembangkan pengunaan sumber energy matahari serta kemungkinan pengunaan tenaga nuklir.Dari sumber energy tersebut kiranya energy matahari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hamper tidak ada,biayanya murah dan bebas polusi.sebagian besar penggunaan energy di dunis saat ini masih bergantung pada minyak dan gas.

LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN

§  Alasan-alasan bagi Meningkanya Pengeluaran Pemerintah
Pemerintah membiayai pengeluaran dari hasil pemungutan pajak .alasan –alasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat .meningkatnya pengeluaran menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi.pertambahan penduduk dan permintaan masyarakat serta pengeluaran biaya untuk tahanan negara .setiap priode pembangunan ,pengeluaran-pengeluaran untuk keperluan petahanan semakin meningkat .apabila pemerintah dapat menekan pengeluaran maka kebutuhan –kebutuhan lainnya akan lebih banyak terpenuhi.
§  Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penghasilnya maka akan terjadi deficit .untuk menutup deficit dilakukan peminjaman kepada bank-bank .uang yang di pinjam disebut utang negara .
Pajak yang di kenakan oleh pemerintah :
a.       Pajak Langsung
Dikenakan atas barang-barang seperti rokok ,tembakau,minuman keras. yang di bayar oleh importer ,produsen dan pedagang besar .
Pajak tersebut disebut Pajak penjualan (PPn).
Pajak tidak langsung adalah pajak penjualan impor ,cukai ,bea masuk ,pajak ekspor ,dan sebagainya.
b.      Pajak Langsung
Pajak kekayaan adalah langsung di kenakan atau di pungut pada pembayaran pajak .pajak langsung adalah pajak pendapatan (PPd),Pajak perseroan(PPs) dan pajak dividen.
Penerimaan pemerintah diperoleh dari:

·         Penerimaan dalam negeri meliputi:pajak langsung ,pajak tidak langsung ,penerimaan minyak ,penerimaan bukan pajak .penerimaan bukan pajak meliputi denda-denda,iuran ,retribusi,hasil lelang bagian laba perusahaan negara.
·         Penerimaan pembangunan meliputi:bantuan program dan bantuan proyek.
Pengeluaran pemerinta diperoleh dari:
·         Pengeluaran rutin meliputi: belanja pegawai,belanja barang ,subsidi daerah otonom ,bunga ,dan cicilan uang serta pengeluaran lain.
·         Pengeluaran pembangunan
Dengan melaksanakan pembangunan sektoral maupun pembangunan regional.pembiayaan pembangunan sektoral meliputi sector-sektor pertanian dan pengairan, industry dan pertambangan ,tenaga listrik perhubungan dan pariwisata ,pendidikan dan kebudayaan agama dan kepercayaan terhadapap tuhan yang maha esa ,pertahanaan dan keamanaan serta aparatur negara secara keseluruhan telah menunjukan peningkatan dalam jumlah yang cukup besar.

LINGKUNGAN HUKUM
Kegiatan-kegiatan perusahaan berada dalam suatu kerangka hokum,factor hokum mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahan .
Hokum di kelompokan menjadi 2:
1.      Hukum Publik
Hukum public mengatur masalah –masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanaan umum .hukum antara lain : hokum tatanegara ,hokum tatausaha, hokum pidana.
2.      Hukum privat
Hokum privat merupakan hokum yang mengatur hal-hal yang berhubungan dengan kepentigan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat.termasuk ke dalam hokum privat adalah hokum perdata dan hokum dagang 

LINGKUNGAN PEMERINTAHAN

Suatu system ekonomi yang bebas akan membantu penggunaan sumber-sumber optimal.akan dikeluarkan termasuk biaya tenaga kerja atas penggunaan tenaganya atau biaya kepada investor atas panggunaan kapitalnya dan seterusnya.
Pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk ,antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten serta pengadaan kontrak-kontrak.

Perhatian pemerintah terhadap kegiatan usaha
            Pemerintah membantu perusahaan-perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen.bantuan dinamakan subsidi.
a)      Bantu di bidang transportasi
Pemerintah banyak memegang peranan .pada sector perkereta-apian misalnya sepuhny a milik perusahan jawatan kereta api (PJKA).Usaha-usaha pemerintahan melalui perusahaan-perusahaan seperti garuda Indonesia airways (GIA)di sector angkutan udara.PELNIdi sector angkutan laut dan DAMRI di sector angkutan darat telah mendorong usaha-usaha baru yang dilakukan oleh swasta.
b)      Bantu pada perusahaan –perusahaan kecil
Bantuan perusahaan kecil yaitu:
·         Bantuan financial
·         Bantuan pemberian kontrak
·         Bantuan teknik
Bantuan financial diberikan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah ,sedangkan bantuan teknik dan menajemen diberikanya kepada koperasi-koperasi untuk menggiatkan usaha-usaha para anggota koperasi secara bersama-sama dan merata .
c)      Bantuan di bidang komunikasi
Bidang komunikasi meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio ,televise ,telepon,dan di atur oleh pemerintah.bidang komunikasi didukung dengan usaha –usaha pengembangan ruang angkasa seperti satelit.

Lingkungan internasional

Lingkungan internasional meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia.keadaan perekonomiaan nasional menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah –masalah internasional.

Ø  NERACA PEMBAYARAN INTERNASIONAL
Neraca pembayaran menggambarkan transaksi-transaksi internasional .neraca pembayaran adalah neraca perdagangan.jika suatu negara mengekpors barang-barang melenbihi impor nyamenunjukan neraca perdagangan yang mengundang .jika impor lebih besar dari eksporsnya maka keadaan neraca perdagangan tidak menguntungkan .
Ø  PERUSAHAAN –PERUSAHAAAN MULTINASIONAL
Perusahaaan –perusahaan multinasional kebanyakan berasal dari negara-negara eropa ,amerika dan jepang.masing –masing negara anggota bebas memasarkan barang hasil produksinya ke negara anggota lain .tarif yang di kenakan oleh setiap negara anggota PBE untuk barang-barang yang berasal dari negara lain adalah sama besarnya .sedangkan tarif untuk barang-barang dari negara anggotanya ditentukan lebih rendah
Ø  KEGIATAN –KEGIATAN MULTINATIONAL
Perusahaan-perusahaan multinasional bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya kesatu negara tetapi juga ke negara –negara lain.perusahaan-perusahaan multinasional beroperasi di suatu negara untuk mengagambarkan  pasarnya secara ekonomis dan berusaha memanfaatkan keadaan politik menguntungkan .kegiatanya perusahaan berbentuk joint venture,perjanjian linsensi atau konntrak-kontrak khusus yang di tanda tangani bersama dengan pemerintah.perusahaan multinasional membantu untuk memperbaiki kondisi perekonomian dari satu negara terhadap negara lain .secara langsung mendorong peningkatan kemampuan teknologi ,menajemen dan keterampilan orang-orang dimana perusahaan tersebut beroperasi.perusahaaan multinasional misalnya: coca-cola ,Toyota ,sharp,mitsubhisi,oliveti,FNCB,dll.
 Ø  CIRI-CIRI PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Perusahaan multinasional meliputi usaha-usaha pengolahan / manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya 2 negara.perusahaan multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan persahaan itu.sebagian besar dari penanaman modal asing di negara-negara sedang berkembang di usahakan di bidang sumber daya alam, sisanya di bidang penggolahan ,perdagangan ,prasarana ,transport,perbankan ,turisme,dan jasa-jasa lainnya .
Ø  KEBAIKAN DAN KEBURUKAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL
v  Kebaikan perusahaaan multinasional :
o   Menambah devisa negara melalui penanamanmodal di bidang eksport.
o   Menggurangi kebutuhan devisa untuk impor di sector indutri
o   Memodernisir industry
v  Keburukan perusahaan multinasional:
o   Makin banyaknya perusahaan multinasional yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara .tetapi jika jumlah nya sedikit,maka arti kuantitatifnya tidak banyak .
o   Dapat merusakkehidupan politik dan ekonomi negara
Ø  LEMBAGA-LEMBAGA YANG MEMBANTU PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Lembaga-lembaga perantara disebut middlemen,dibedakan ke dalam 4 golongan:
a.       Eksport and import commission house
Commission house merupakan wakil-wakil dari pembeli.eksport commission house menerima pesanan dari pembeli-pembeli di luar negeri ,kemudian memenuhi pesanan tersebut dan menyelesaikan masalah –masalah pengeksporan ,serta menerima komisi atas dasar nilai barang yang di ekport.sedangkan impor commission house melakukan hal yang serupa bagi pembeli-pembili d dalam negeri.
b.      Merchant exports and importers
Membeli barang-barang dalam negeri dan menjualnya kmbali ke luar negeri,atau membelibarang-barang di luar negeri dan menjualnya kembali kedalam negeri.
c.       Manufacturers export agents
Export angent bertindak sebagai departemen / bagian exportdari sebuah perusahaan / produsen atau sekelompok perusahaan .hubungan dengan perusahaan biasanya bersifat permanen dan ditetap kan dengan suatu kontrak.
d.      Export and import brokers
Makelar (brokers) dalam kegiatan export import berusaha mempertemukan pembeli dan penjual bersama-sama.atas jerih payahnya mereka mendapatkan komisi dari transaksi yang terjadi.barang-barang yang ditawarkan berupa gula,kapas,beras dan barang lainnya yang serupa.
Ø  PERKEMBANGAN IMPORT DAN EXPORT INDONESIA
Setiap tahun sejak 1969 keadaan export Indonesia secara keseluruhan mengalami perkembangan yang positif dalam nilai dollar .periode 1981/1982 keadaan export ini mulai mengalami fluktuasi.barang –barang yang di export dapat di golongkan ke dalam 2 kelompok.
Barang-barang bukan minyak di kelempokan lagi menjadi:
§  Golonagn barang utama ,terdiri atas :kayu ,karet ,timah ,minyak kelapa sawit ,kopi ,tembakau ,the,dan biji kelapa sawit.
§  Golongan barang lain terdiri atas:hewan berserta hasilnya ,lada,bungkil kopra,kopra,bahan makanan ,barang tambang dll.
Import yang di lakukan oleh Indonesia meliputi 3 macam golongan barang yakni:
*      Barang konsumsi,terdiri atas :beras ,tepung terigu,tekstil,dll.
*      Bahan baku dan penolong, terdiri atas : cengkeh ,bahan kimia ,hasil dan preparat kimia,bahan cat ,pupuk,kertas ,benang tenun cambricdan shirting,bahan baku,dll.
*      Bahan modal terdiri atas :mesin-mesin,generator listrik ,telekumunikasi dll.
Selain 3 golongan tersebut ,Indonesia juga mengimport minyak dan gas untuk konsumsi di dalam negeri.





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar