Minggu, 07 November 2010

DESAIN DAN PRILAKU ORGANISASI


DESAIN DAN PRILAKU ORGANISASI


  • PENGERTIAN ORGANISASI
  • ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL
  • STRUKTUR ORGANISASI DAN PENYUSUNANYA
  • PRILAKU KEORGANISASIAN

PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi  menurut bonne dan Kurtz  adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.

Organisasi terbagi 2:
*      Organisasi formal
Adalah system tugas ,hubungan wewenang ,tanggung jawab,dan pertanggung jawaban yang dirancang oleh menajemen agar pekerjaan dapat dilakukan .
Beberapa factor yang harus diperhatikan dalam penyusunan struktur organisasi formal adalah:
1.      wewenang
2.      tanggung jawab
3.      pertanggung jawaban
4.      delegasi
5.      koordinasi
*      organisasi informal
adalah suatu jaringan hubungan pribadi dan social yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal.
Komunikasi yang terjadi dalam organisasi informal berjalan dengan cepat dari mulut ke mulut .sistem komunikasi ini disebut system tanaman rambat.

SENTRALISASI VS DESENTRALISASI

            Organisasi yang disentralisir

                        Merupakan sebuah system yang wewenang serta pengendaliannya deipegang di suatu pusat,biasanya eksekutif puncak.
 Kebaikan organisasi yang disentralisir adalah

  1. Bahwa pengendalian yang lebih efektif dapat dilakukan
  2. Memperpendek jangka pengambilan keputusan
  3. Memungkinkan bagi seluruh unit untuk meliputi suatu rencana tindakan yang seragam .
Keburukan dari organisasi yang disentralisir adalah

  1. Jika perusahaan berkembang dengan pesat maka beban kerja pada eksekutif puncak menjadi terlalu banyak.
  2. organisasi yang disentralisir hanya memberi pengalaman sedikit kepada para menejer muda dalam pengambilan keputusan .

Organisasi yang didesentralisir
           
            Merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelagasikan kepada jenjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan peda jenjang tertinggi.

PEMBENTUKAN STRUKTUR ORGANISASI

            Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari 3 elemen unci setiap organisasi  yaitu:
  1. interaksi kemanusiaan
  2. kegiatan yang terarah ketujuan
  3. struktur
tujuan perusahaan harus dipecah kedalam tujuan –tujuan khusus untuk setiap karyawan dalam perusahaan.

Tujuan hierarki
            Adalah organisai berlingkup dari tujuan perusahaan keseluruhaan sampai tujuan –tujuan khusus yang di tetapkan untuk masing –masing karyawan.


Departementalisasi
            Adalah pembentukan organisasi dimulai dengan pengenalisisan kegiatan-kegiatan utama organisasi kebanyakan perusahaan kegiatan berupa produksi ,pemasaran ,pembelanjaan dan personalia .

Wewenang dan tanggung jawab
            Adalah tindakan menugaskan kegiatan kepada bawahan disebut pendelegasian .
Dalam pendelegasian kegiatan ,menejer memberikan tanggung jawab kepada bawahan untuk melaksanakan tugas-tugas yang ditugaskannya .disamping tanggung jawab,bawahan diberikan wewenang yang sepadan dengan tanggung jawab tersebut .
Banyak pendapat yang menyatakan bahwa menajemen puncak sebaiknya membawahi secara langsung bawahan sebanyk antara 4 sampai 8 orang.

Komunikasi yang efektif
            Adalah tugas yang relative sederhana bagi organisasi kecil.pesan-pesan ,banyak yang diberikan secara tertulis melalui beberapa jenjang dala organisasi .


Menghindari pertumbuhan organisasi yang tidak perlu
            seorang filsafat dan sejarahwan inggris bernama C.Northcot Parkinson menjelaskan kencenderungan tersebut dalam bukunya Parkinson ‘s law: “pekerjaaan itu meningkat sedemikian rupa sehingga menggisi waktu yang tersedia untuk penyelesaianya”.

Bentuk-bentuk struktur organisasi
            Adalah kegiatan yang dilakukan dalam suatu organisasi ,makin komplek pula hubungan-hubungan yang ada. Bagan-bagan yang mengambarkan tentang hubungan tersebut termasuk hubungan antara masing-masung kegiatan atau fungsi .

Bentuk organisasi ini bermacam –macam tetapi pada pokoknya ada 4:
1.      organisasi garis
2.      organisasi garis dan staf
3.      organisasi fungsional
4.      komite  dan organisasi metric
Organisasi garis
     adalah kekuasaan mengalir secara langsung dari direktur ke kepala bagian dan kemudian terus ke karyawan-karyawan di bawahnya .masing-masing bagian merupakan unit yang berdiri sendiri ,dan kepala bagian menjalankan semua fungsi pengawasan dalam bagiannya .

kebaikan organisasi garis

  1. adanya kesatuan dalam pimpinan dan perintah
  2. pimpinan dapat lebih cepat dalm mengambil keputusan, sebab tidak perlu membicarakanya dengan orang lain
  3. menghemat biaya ,sebab pengawasan dari berbagai kegiatan hanya dilakukan oleh seorang saja .

keburukan organisasi garis  

  1. sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaaan .
  2. tidak adanya spesalisasi menyebabkan tugas yang berat bagi para petugas sehngga kurung efesien
  3. kurangnya kerja sama diantara masing-masing bagian

Organisasi garis dan staf
      Adalah kombinasi yang diambilkan dari keuntungan–keuntungan adamya pengawasan secara langsung dan spesialisasi dalam perusahaan .


Kebaikan organisasi garis dan staf

1. pimpinan lebih leluasa dalam memberikan sarana terhadap tugas khusus diluar bagiannya
2. staf dapat mendidik para petugas
3.adanya kesatuan dalam pimpinan sehingga menciptakan aliran kekuasaan dengan jelas

keburukan organisasi garis dan staf

1.      dapat menimbulkan anggpan pada petugas untuk lebih percaya kepda staf dari atasanya
2.      staf dapat ikut disalahkan apabila sarana yang diberikan tidak memperoleh hasil

Organisasi fungsional
      Adalah masing –masing menejer merupakan seorang spesialis atau ahli dan masing-masing bawahan / pekerja mempunyai beberapa pimpinan .

Kebaikan organisasi fungsional

1.      masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli edalam bidangnya ,sehingga terdapat keserasian antara tugas dan keahliannya
2.      tugas para menejer menjadi lebih ringan dengan adanya pembagian fungsi

keburukan organisasi fungsional

1.      tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan .
2.      kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara tepat diatasi
3.      kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan diantara menejer


Organisasi komite
      Dilkukan untuk mengumpulkan pendapat tentang berbagai kegiatan dalam perusahaan .
Syarat-syarat membentuk komite antara lain :

1.      suasananya santai dan bersifat informal
2.      semua anggota komite ikut ambil bagian dalam membicarakan tugas-tugasnya
3.      komite mengetahui tentang tugas-tugas yang dibebankan kepadanya

kebaikan komite

1.      merupakan sebuah forum untuk saling bertukar pendapat diantara beberapa anggota
2.      menciptakan koordinasi yang lebih baik
3.      meningkatkan pengawasan karena macam-macam komite tersebut dapat berhubungan langsung dengan para pelaksana

keburukan komite

1.      keharusaan untuk berkompromi
2.      sering menimbulkan kesimpang siuran dalm organisasi
3.      tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung sarana-sarana yang diberikan

Organisasi matrik
            Adalah struktur organisasi dimana para spesialis dari bagian –bagian yang berbeda disatukan untuk mengerjakan proyek khusus.


Kebaikan organisasi matrik
  1. lues
  2. memberikan alat inovasi tampa menggangu struktur organisasi yang ada
  3. memberikan metode untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah utama yang sprsifik atau persoalan –persoalan teknis yang unit

keburukan organisasi matrik

  1. beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini melanggar prinsip kesatuan perintah yang tradisional
  2. konflik dapat muncul antara menejer proyek dengan menejer-menejer bagian lain


PERILAKU KEORGANISASIAN


*      Kelompok kerja
Adalah sekumpulan karyawan yang secara bersama-sama mempunyai pekerjaan serupa .dalam beberpa hal kelompok-kelompok itu terbentuk karena karyawan mengharapkan lebih banyak manfaat pada pekerjaanya .

*      Motivasi
Adalah motif intern yang menyebabkan orang berprilaku seperti yang mereka lakukan
Menurut masllow:
Teori motivasi menekankan 2 ide dasar :
1.orang mempunyai banyak kebutuhan , tetapi hanya kebutuhan –kebutuhan yang belum terpenuhi saja yang dapat mempengaruhi prilaku manusia
2.kebutuhan manusia dikelompokan kedalam sebuah hierarki kepentingan .jika suatu kebutuhan terpenuhi, kebutuhan lain yang tingkatnya lebh tinggi akan muncul dan memerlukan pemuasan .

*      Pekerjaan dan sikap jabatan
Keyakinan bahwa kerja keras adalah baik itu juga merupakan bagian dari etika kerja .
Kepuasaan jabatan dipandang sebagai indicator yang bermanfaat bagi menajemen untuk menentukan apakah terdapat bidang-bidang masalah dalam angkatan kerja organisasi .

*      Kepemimpinan
Beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa tidak ada “satu cara terbaik” untuk memimpin karyawan .ini bergantung pada pemimpinnya ,karyawan dan situasi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar